Cari Blog Ini

Jumat, 19 Desember 2008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP No. 10.2 )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP No. 10.2 )

SEKOLAH : SMP Negeri 1 Demak
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
PERTEMUAN KE : 1-10
ALOKASI WAKTU : 20 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 2. Mengekspresikan diri melalui
karya senI rupa
KOMPETENSI DASAR : 10.2 Membuat karya seni kriya dengan
teknik dan corak daerah setempat

INDIKATOR :
Mendeskripsikan konsep keramik sebagai benda pakai dan benda
hias
2. Membuat benda pakai keramik dengan teknik dan corak daerah
(Jawa Tengah).
3. Membuat benda hias keramik dengan teknik dan corak daerah
(Jawa Tengah).

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
Mendeskripsikan konsep keramik
Mendeskripsikan konsep keramik sebagai benda pakai
Mendeskripsikan konsep keramik sebagai dan benda hias.
Menyebutkan bahan yang dapat dibuat keramik.
Menyebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat keramik.
Menyebutkan lima teknik pembuatan keramik.
Merancang keramik benda pakai.
Merancang keramik benda hias.
9. Membuat karya seni kriya keramik benda pakai dengan teknik dan
corak daerah (Jawa Tengah).
10. Membuat karya seni kriya keramik benda hias dengan teknik dan
corak daerah (Jawa Tengah).

B. MATERI POKOK
Konsep keramik sebagai benda pakai dan benda hias, jenis, bahan, alat, dan teknik pembuatan

C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Kegiatan Pendahuluan
Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
Kegiatan Inti
Membaca referensi kriya keramik
Melihat tayangan gambar keramik benda pakai dan benda hias
Merancang keramik benda pakai dan benda hias
Membuat keramik benda pakai
Membuat keramik benda hias
3. Kegiatan Akhir
Menunjukkan rancangan keramik terbaik dari siswa
Menyimpulkan materi pembelajaran

E. SUMBER BELAJAR
Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VII Penerbit Erlanga
Media elektronik lap top dan LCD proyektor
Benda-benda kriya keramik

F. PENILAIAN
Teknik : Tes tulis dan Tes unjuk kerja
Bentuk Instrumen : Uraian dan Uji prosedur dan produk
Instrumen :
1. Jelaskan konsep keramik!
2. Jelaskan konsep keramik sebagai benda pakai!
3. Jelaskan konsep keramik sebagai benda hias!
4. Sebutkan bahan yang dapat dibuat keramik!
5. Sebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat keramik!
6. Sebutkan lima teknik pembuatan keramik!
7. Buatlah rancangan keramik benda pakai!
8. Buatlah rancangan keramik benda hias!
9. Buatlah seni kriya keramik benda pakai dengan teknik dan corak
(Jawa Tengah)!
10. Buatlah seni kriya keramik benda hias dengan teknik dan corak
(Jawa Tengah)!
Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa/ kriya keramik

Penilaian
1 2 3 4 5
Gagasan
Kreativitas
Teknik / bentuk
Karakteristik
Keterangan
1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, dan 5 = sangat baik

Demak, 17 Juni 2007
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Seni Budaya,




Drs. H. M. Soekidjan Drs . Setyobudi, M. Pd.
NIP 130322126 NIP 131817387
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP No. 10.3 )

SEKOLAH : SMP Negeri 1 Demak
MATAPEL : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
PERTEMUAN KE : 11-12
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
KOMPETENSI DASAR : 10.3 Menyiapkan karya seni rupa hasil
buatan sendiri untuk pameran kelas
atau sekolah
INDIKATOR :
Mendeskripsikan konsep pameran seni rupa
Membuat perencanaan pameran karya seni rupa dua dimensional
dan tiga dimensional buatan sendiri di kelas
Membuat kelengkapan pameran seni rupa di kelas


A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
Mendeskripsikan konsep pameran seni rupa
Membuat perencanaan pameran karya seni rupa dua dimensional
dan tiga dimensional buatan sendiri di kelas
Membuat kelengkapan pameran seni rupa di kelas

B. MATERI POKOK :
Pameran karya seni rupa daerah setempat, meliputi: konsep, fungsi,
perlengkapan, dan perencanaan.

C. METODE PEMBELAJARAN :
Pendekatan CTL : Portofolio pamer, pemberian tugas.

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai
materi yang akan diajarkan

Kegiatan Inti
Membaca buku teks tentang pameran
Menyiapkan rencana pameran, dan membentuk kepanitiaan
pameran.
Membuat proposal pameran seni rupa di kelas
Membuat buku tamu, katalog, dan label karya

3. Kegiatan Akhir
Menyimpulkan materi pembelajaran

E. SUMBER BELAJAR :
Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VII Penerbit Erlangga

F. PENILAIAN
Teknik : Penugasan
Bentuk Instrumen : Tugas proyek
Instrumen :
Jelaskan konsep pameran seni rupa!
Buatlah perencanaan pameran di kelas hasil karya buatan sendiri!
Buatlah susunan panitia pameran kelas!
Buatlah katalog untuk kegiatan pameran di kelas!

Contoh lembar penilaian proposal pameran seni rupa


Penilaian
1 2 3 4 5
Sistematika proposal
Kepanitiaan pameran
Kesesuaian anggaran dan belanja
Kreativitas acara pameran

Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik


Demak, 17 Juni 2007
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Demak Seni Budaya,




Drs. H. M. Soekidjan Drs . Setyobudi, M. Pd.
NIP 130322126 NIP 131817387
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP No. 10.3 )

SEKOLAH : SMP Negeri 1 Demak
MATAPEL : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
PERTEMUAN KE : 11-12
ALOKASI WAKTU : 2X40 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
KOMPETENSI DASAR : 10.4 Menata karya seni rupa hasil buatan
sendiri dalam bentuk pameran
kelas atau sekolah
INDIKATOR :
Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas
Menata karya seni rupa di kelas

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1. Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas
2. Menata karya seni rupa di kelas

B. MATERI POKOK :
Denah ruang pameran seni rupa
Penataan karya seni rupa di kelas.

C. METODE PEMBELAJARAN :
Pendekatan CTL, Portofolio pamer, pemberian tugas

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Pendahuluan
· Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan

Kegiatan Inti
Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas.
Menata karya seni rupa di ruang pameran.
Pelaksanaan pameran.
Penilaian proses pelaksanaan pameran

3. Kegiatan Akhir
Menyimpulkan materi pembelajaran

E. SUMBER BELAJAR :
Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VII Penerbit Erlangga


F. PENILAIAN
Teknik : Penugasan
Bentuk Instrumen : Tugas proyek
Instrumen : 1. Buatlah denah ruang pameran seni rupa di
kelas!
2. Tatalah karya seni rupa di kelas!

Contoh lembar penilaian penyelenggaraan pameran seni rupa


Penilaian
1 2 3 4 5
Denah ruang pameran
Penataan karya
Kelengkapan pameran
Tanggapan pengunjung

Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik


Demak, 17 Juni 2007
Mengetahui Guru Seni Budaya,
Kepala SMP Negeri 1 Demak,




Drs. H. M. Soekidjan Drs . Setyobudi, M. Pd.
NIP 130322126 NIP 131817387

Tidak ada komentar:

Posting Komentar