Cari Blog Ini

Jumat, 19 Desember 2008

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP No.10,2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No.10,2

Sekolah : SMP Negeri 1 Demak
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester : VIII/2
Pertemuan ke : 1-6
Alokasi Waktu : 12 x 40 menit
Standar kompetensi : 10. Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
Kompetensi Dasar :10.2 Mengekspresikan diri melalui
karya seni grafis.
Indikator :
Mendeskripsikan konsep, bahan, alat, dan teknik cetak tinggi.
Membuat benda pakai dan atau benda hias dengan teknik cetak tinggi
.
A. Tujuan pembelajaran
Siswa mampu:
Menjelaskan konsep cetak tinggi!
Menyebutkan bahan dan alat cetak tinggi!
Menjelaskan teknik pembuatan cetak tinggi!
Membuat benda pakai dan atau benda hias dengan teknik
cetak tinggi.

B. Materi ajar
Pengetahuan seni grafis dan teknik pembuatan seni grafis.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, demonstrasi, pemberian tugas.

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
Kegiatan pendahuluan :
· Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
· Penjelasan dan tanya jawab tentang pengetahuan dan teknik
pembuatan seni grafis.
Kegiatan inti
§ Membuat desain seni grafis cetak tinggi.
§ Membuat negatif seni grafis cetak tinggi
§ Mencetak seni grafis cetak tinggi
Kegiatan akhir
§ Menunjukkan karya cetak tinggi terbaik siswa

E. Sumber Belajar
· Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas IX Penerbit Erlangga
· Media bahan, dan alat grafis.

F. Penilaian :
Teknik : Tes tulis dan tes unjuk kerja
Bentuk instrumen : Uraian dan Uji prosedur dan produk
Instrumen :

Jelaskan konsep cetak tinggi!
Sebutkan bahan dan alat cetak tinggi!
Jelaskan teknik pembuatan cetak tinggi!
Buatlah benda pakai dan atau benda hias dengan teknik cetak
tinggi !

CONTOH LEMBAR PENILAIAN HASIL KARYA SENI RUPA


Penilaian
1 2 3 4 5
Gagasan
Kreativitas
Teknik / bentuk
Karakteristik

Keterangan :
Sangat kurang
kurang
cukup
baik
sangat baik


Demak, 17 Juni 2007
Mengetahui Guru Seni Budaya
Kepala Sekolah





Drs. H.M. Soekidjan Drs. Setyobudi, M. Pd.
NIP 130322126 NIP 131817387



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No.10,2

Sekolah : SMP Negeri 1 Demak
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester : VIII/2
Pertemuan ke : 7-12
Alokasi Waktu : 12 x 40 menit
Standar kompetensi : 10. Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
Kompetensi Dasar :10.2 Mengekspresikan diri melalui
karya seni grafis.
Indikator :
Mendeskripsikan konsep, bahan, alat, dan teknik fotografi
Membuat karya seni grafis dengan teknik fotografi
.
A. Tujuan pembelajaran
Siswa mampu:
Mendeskripsikan konsep, bahan, alat, dan teknik fotografi
Membuat karya seni grafis dengan teknik fotografi

B. Materi ajar
Pengetahuan dan teknik pembuatan fotografi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, demonstrasi, pemberian tugas.

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
Kegiatan pendahuluan :
· Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
· Penjelasan dan tanya jawab tentang pengetahuan dan teknik
pembuatan seni grafis.
Kegiatan inti
Membaca buku teks seni budaya tentang fotografi
Mengamati tayangan pembuatan karya fotografi
Membuat karya seni grafis dengan teknik fotografi
Kegiatan akhir
§ Menunjukkan karya cetak tinggi terbaik siswa

E. Sumber Belajar
· Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas IX Penerbit Erlangga
· Media fotografi: kamera, film, dan lampu foto.

F. Penilaian :
Teknik : Tes tulis dan Tes unjuk kerja
Bentuk instrumen : Uraian dan Uji prosedur dan produk
Instrumen :
Jelaskan konsep fotografi!
Sebutkan bahan dan alat fotografi!
Jelaskan teknik pembuatan fotografi!
Buatlah karya seni grafis dengan teknik fotografi!

CONTOH LEMBAR PENILAIAN HASIL KARYA SENI RUPA


Penilaian
1 2 3 4 5
Gagasan
Kreativitas
Teknik / bentuk
Karakteristik

Keterangan :
Sangat kurang
kurang
cukup
baik
sangat baik


Demak, 17 Juni 2007
Mengetahui Guru Seni Budaya,
Kepala Sekolah





Drs. H.M. Soekidjan Drs. Setyobudi, M. Pd.
NIP 130322126 NIP 131817387

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No. 10.3

Sekolah : SMP Negeri 1 Demak
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester : VIII/2
Pertemuan ke : 13
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar kompetensi : 10. Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
Kompetensi Dasar :10.3 Menyiapkan karya seni rupa hasil
karya sendiri untuk pameran kelas
atau sekolah.

Indikator :
Membuat kelengkapan pameran seni rupa di kelas yang berupa katalog dan label karya.
2. Membuat proposal pameran seni rupa di kelas
.
Tujuan pembelajaran :
Siswa mampu:
1. Membuat kelengkapan pameran seni rupa di kelas yang berupa
katalog dan label karya.
2. Membuat proposal pameran seni rupa di kelas

Materi ajar :
Persiapan pameran seni rupa di kelas
Proposal pameran seni rupa di kelas

Metode Pembelajaran :
Pendekatan CTL, pemberian tugas.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
Kegiatan pendahuluan :
Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan.
Kegiatan inti
Membuat persiapan pameran di kelas
Membuat proposal pameran seni rupa di kelas
.
Kegiatan akhir
§ Menyimpulkan materi pembelajaran.

Alat/sumber belajar :
Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VIII Penerbit Erlangga.

Penilaian :
Teknik : Tes unjuk kerja
Bentuk instrumen : Uji petik prosedur dan produk
Instrumen :
Buatlah kelengkapan pameran yang berupa katalog dan label karya!
Buatlah proposal pameran karya seni rupa di kelas /sekolah!
.

CONTOH LEMBAR PENILAIAN HASIL KARYA SENI RUPA

Penilaian
1 2 3 4 5
Gagasan
Penguasaan teknik
Ketepatan bentuk
Kreatifitas
Keterangan :
Sangat kurang
kurang
Cukup
Baik
Sangat baik



Demak, 17 Juni 2007
Mengetahui Guru Seni Budaya,
Kepala Sekolah




Drs. H.M. Soekidjan Drs. Setyobudi, M. Pd.
NIP 130322126 NIP 131817387






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No. 10.4

Sekolah : SMP Negeri 1 Demak
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester : VIII/2
Pertemuan ke : 14
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar kompetensi : 10. Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
Kompetensi Dasar : 10.4 Menata karya seni rupa hasil karya
sendiri dalam bentuk pameran
kelas/sekolah.
Indikator :
1. Mengelompokkan karya seni dengan jenisnya.
2. Menata karya sendiri di kelas/sekolah.

Tujuan pembelajaran :
Siswa mampu:
1. Mengelompokkan karya seni dengan jenisnya.
2. Menata hasil karya sendiri di kelas/sekolah.

Materi ajar :
Penataan karya seni rupa di kelas/ ruang pameran.

Metode Pembelajaran :
Pendekatan CTL, Pemberian tugas.

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
Kegiatan pendahuluan :
Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
· Pembagian dan pendelegasian tugas.
Kegiatan inti
· Mengelompokkan karya seni rupa sesuai dengan jenisnya
· Menata karya.dengan tata letak yang sesuai
Kegiatan akhir
Mengevaluasi pelaksanaan pameran.

Sumber Belajar :
Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VIII Penerbit Erlangga
Perlengkapan alat-alat pameran..

Penilaian :
Teknik : Penugasan
Bentuk instrumen : Tugas proyek
Instrumen :
o Kelompokkan karya seni rupa sesuai dengan jenisnya.
o Tatalah karya seni rupa dalam pameran di kelas/sekolah.



CONTOH LEMBAR PENILAIAN


Penilaian
1 2 3 4 5
Gagasan/konsep pameran
Pengorganisasian
Penataan pameran

Keterangan:
Sangat kurang
kurang
Cukup
Baik
Sangat baik

Demak, 17 Juni 2007
Mengetahui Guru Seni Budaya,
Kepala Sekolah




Drs. H.M. Soekidjan Drs. Setyobudi, M. Pd.
NIP 130322126 NIP 131817387

Tidak ada komentar:

Posting Komentar